Dokter Bagikan Cara Bersihkan Paru-paru

Dokter Bagikan Cara Bersihkan Paru-paru, yang Pasti Bukan Susu Beruang!

Dokter Dokter Bagikan Cara Bersihkan Paru-paru, bahkan Dokter paru juga menegaskan, tidak ada saluran pernapasan perokok yang sehat.

Pasalnya pada perokok, silia pada saluran pernapasan lumpuh terpapar asap rokok sehingga rentan terjadi infeksi.

Lantas, adakah cara yang masih bisa diupayakan untuk membersihkan paru-paru perokok, misalnya dengan mengkonsumsi makanan tertentu?

Dokter spesialis paru RS Persahabatan dan Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI), dr Erlina Burhan, SpP(K), menjelaskan,

di saluran napas terdapat bulu-bulu getar ‘silia’ yang bekerja mengeluarkan kuman, bakteri, virus, dan kotoran yang masuk.

Akibat paparan asap rokok, silia menjadi lumpuh. Imbasnya, perokok menjadi mudah mengalami infeksi.

“Asap rokok itu mengiritasi saluran napas. Jadi saluran napas itu ada mukosa. Jadi kalau dia teriritasi, dia merah dan bengkak.

Kalau dia bengkak, dia meradang. Radang itu menghasilkan cairan. Cairan dalam saluran napas itu nggak boleh.

Harus dikeluarkan,” ujarnya saat ditemui di Jakarta Selatan, Kami Bagaimana cara mengeluarkan cairan dalam saluran napas?

Dengan di batukkan. Makanya orang merokok itu pasti batuk-batuk, karena itu upaya saluran napasnya untuk mengeluarkan sekret.

Sekret itu akan terbentuk terus karena dia perokok,” sambung dr Erlina.

Bagaimana Cara Membersihkan Paru-paru Perokok?

Lebih lanjut ia menjelaskan, tidak ada makanan yang bisa membersihkan paru-paru perokok. Termasuk, susu beruang yang di sebut-sebut bisa menyehatkan, termasuk untuk perokok.

dr Erlina menegaskan, selain senam pernapasan, cara utama untuk membersihkan paru-paru adalah dengan berhenti merokok baik rokok konvensional, maupun vape dan rokok elektrik.

“Nggak ada hubungannya itu (makanan dengan kebersihan paru-paru). Susu masuknya ke mana? Ini (asap rokok) ke saluran napas bukan saluran cerna.

Yang bisa membersihkan saluran napas adalah dengan senam pernapasan, kemudian menjaga supaya jangan sering infeksi.

Karena infeksi yang terus-terusan, sering, hilang-timbul, itu lama-lama akan membuat saluran pernapasan kita menjadi berubah. Bisa rentan dengan terinfeksi,” jelasnya.

“Nggak ada (makanan untuk membersihkan paru-paru). Berhenti merokok, itu parunya akan bersih,” pungkas dr Erlina.

baca juga: Terkini Effendi Simbolon Sebut TNI Gerombolan